Cara Merangsang Otak Bayi

Buah Hati kita pintar dan cerdas merupakan dambaan setiap Orang Tua. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa saat Bayi yang baru lahir memiliki 100 Miliyar Sel yang terhubung, Dan akan terus terhubung hingga Bayi berusia 3 tahun.
Kemampuan Otak pada Bayi sekitar 75% lebih besar dari Otak dewasa pada usia kandungan 6 bulan. Dan pada usia kandungan 8 bulan memiliki kemampuan untuk menanggapi kejadian disekitarnya. Oleh sebab itu pada usia 0 hingga 3 tahun Bayi sangat membutuhkan dukungan agar dapat mengoptimalkan kemampuan Otak Bayi. Banyak sekali cara merangsang Otak Bayi salah satunya dengan mengatur kebutuhan Nutrisi yang mengandung Omega 3 selain itu lakukan kegiatan seperti komunikasi, Sentuhan, Pandangan, serta gerakan ringan seperti pelukan. Hal ini dapat membantu bayi anda dalam merangsang otaknya.

Kali ini saya ingin membagikan info mengenai cara merangsang otak bayi anda. Beberapa tips dibawah ini layak untuk anda coba.
1.  Lakukan Pijatan lembut pada bayi anda, Banyak penelitian yang menyatakan bahwa pijatan yang lembut pada bayi mampu merangsang sel saraf otak bayi anda. Karena Setiap sel otak bayi saling terhubung dan kemampuan Otak Bayi akan optimal.
2. Lakukan Aktivitas seperti senam ringan khusus bayi saat sedang bermain dengan Buah Hati, Pegang lembut kedua tangan bayi anda, Posisi Bunda dibelakang si Bayi, Kemudian silangkan tangan si bayi ke bagian dadanya sebanyak empat kali, Dilanjutkan dengan mengerakan kaki si Bayi seperti mngayuh sepeda sebanyak 4 kali.
3. Ajaklah Bicara Bayi anda dalam setiap aktivitas anda,Walaupun dia tidak mengerti namun cara ini akan membantu bayi dalam pola bicara dan percakapan.
4. Gunakan Intonasi yang ekstrem saat bicara dengan Bayi anda. Hal ini dapat merangsang kemampuan Otak si Bayi, Walaupun bayi anda tidak sepenuhnya mengerti.
5. Gunakan Musik klasik, Cara ini yang sering saya lakukan pada Anak saya. Karena cara inilah yang paling meningkatkan kemampuan otak si bayi, Namun anda dapat sesekali menyanyikan lagu tersebut agar si bayi dapat menghapal dan memprediksinya. Kalau bisa lakukan secara berulang-ulang.
5. Anda dapat menggunakan Gambar yang unik, Pada awalnya berikanlah bayi anda dua gambar yang menarik/unik dengan warna yang mudah di pahami.
6. Bayi pada bulan awal lahir, Sulit untuk merubah posisinya. Tugas Anda sebagai orang tua yang harus membantu mengganti posisinya. Lakukan Hal ini 30menit sekali agar si bayi dapat melihat sekelilingnya. Dan gerakan kakinya sesekali untuk merangsang geraknya.
7. Memeluk bayi merupakan salah satu rangsangan yang baik untuk otaknya, Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan rasa cinta dan kasih sayang anda.
8. Bawa  Bayi anda ke kenalan anda, Usahankan ada anak lain disana, Hal ini dapat membuat bayi  berinteraksi dan penyesuaian dalam perkembangannya.
9. Saat Usia Bayi memasuki 3 bulan anda dapat mengajaknya untuk ke alam, Hal ini dapat merangsang Otak Bayi dengan makhluk hidup yang dilihatnya.

Setiap Orang Tua mempunyai cara sendiri dalam merangsang otak bayi, Oleh sebab itu jangan pernah ragu berbuat hal yang terbaik untuk Buah Hati anda, Demikian Info mengenai cara merangsang Otak Bayi.

0 komentar:

Premium Blogspot Templates
Copyright © 2012 Info Bayi dan Anak