Cara Mengatasi Rasa Takut pada Anak Anda

Cara Mengatasi Rasa Takut pada Anak Anda
Rasa Takut bisa datang kepada siapa saja, Orang Dewasa hingga Anak kita. Namun yang ingin saya bahas ialah cara mengatasi rasa takut pada anak anda yang sering membuat kita bingung sebagai orang tua. Rasa Takut anak sering terjadi pada anak ialah takut perpisahan, Takut Kegelapan, Takut Mandi, Takut Orang Baru, dan Hal yang baru.
Rasa Takut muncul biasa terjadi karena perkembangan interaksi dan lingkungan yang di alami si Anak, Fisik ataupun psikis, Ketidaknyamanan, Ancaman Karena anak pada usia 3 tahun ke atas sudah mempunyai fantasinya sendiri. Adalah tugas kita sebagai Orang Tua, Untuk membantu anak kita mengatasi rasa takut tersebut.
Hal ini juga saya alami ketika Anak saya Brandon mengalami ketakutan bila lampu dimatikan atau di tempat yang gelap. Brandon akan merasa gelisah dan akhirnya menangis meminta lampu dinyalakan. Adapun Hal yang kita dapat lakukan ialah

1. Bantu si Anak menjelaskan ketakutan yang dialaminya
Beberapa Anak biasa memiliki ketakutannya masing-masing, Bila Anak anda hanya takut pada gelap seperti yang Anak saya alami, Itu bisa di latih, Namun bila Ketaukan tersebut kepada orang baru yang dikenalnya dan bila dibiarkan akan membuat anak tersebut menjadi tertutup. Ajari Anak anda bahwa orang baru dikenalnya itu adalah orang baik.
2. Perbanyakan kegiatan pada Anak yang melibatkan orang lain
Salah satu ketakutan yang sering kita alami adalah Berpisah/jauh dari orang tuanya. Dengan mengenalkan si Anak pada orang lain akan memberikan ruang yang nyaman bagi si Anak. Berikan beberapa kata yang dapat menjelaskan bahwa anda akan kembali untuk bersamanya.
3. Jangan Menertawakan Reaksi Takut si Anak
Jangan dan Jangan pernah menertawakan reaksi takut si anak karena berimbas pada mental Anak Anda. Karena hal ini merupakan ancaman nyata yang di alami Anak anda. Berilah pengertian dan semangat pada Anak dalam mengatasi rasa takut anda.
4. Hindari Membicarakan rasa takut anak anda pada orang lain
Hindari untuk mengolok-ngolok anak anda di depan orang lain. Cara seperti ini akan membuat anak anda tidak percaya diri. Dan berimbas pada perkembangan dalam keberanian.
5. Membutuhkan waktu dalam menghilangkan rasa takut
Tidak peduli rasa takut apa yang dialami, Semuanya membutuhkan waktu untuk menghilangkan rasa takut si Anak.

Tidak ada salahnya menjelaskan pada si Anak tentang rasa takut yang dialaminya. Karena Anak pada usia tersebut sangat bergantung pada Orang Tua. Jadi jangan ragu untuk memberi perhatian penuh pada si Anak. Demikian Tips mengenai Cara mengatasi Rasa Takut pada Anak Anda.

0 komentar:

Premium Blogspot Templates
Copyright © 2012 Info Bayi dan Anak