Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

Cara memandikan Bayi yang baik dan benar
Mempunyai Bayi/Anak merupakan salah satu kebahagian yang tak terhingga yang orang tua miliki. Namun bagi Orang tua yang baru mempunyai Bayi merupakan sebuah tantangan bagi mereka dalam merawat si Bayi terutama dalam Merawat si Bayi seperti Memandikan si Bayi. Setiap Orang tua pasti melewati proses ini, Tidak terkecuali saya. Banyak sekali suka dan duka yang telah kami lewati dalam merawat anak kami. Oleh karena itu Saya ingin membagikan pengalaman cara memandikan Bayi yang baik dan benar.

Memandikan Bayi merupakan kegiatan penting yang harus diketahui oleh setiap Orang tua. Kegiatan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai Bayi mengingat kondisi Bayi yang masih lemah dan rapuh.

Kali ini Stella ingin memberikan beberapa cara dan tips cara memandikan bayi yang baik dan benar :
·         1. Isi air hangat ke bak mandi (tempat mandi Bayi), Pastikan Hangat air sekitar 35-37C.
·         Bungkus Bayi dengan handuk di pangkuan anda, Gunakan Kapas yang telah dibasahi air yang matang untuk mengusap mata si Bayi.
·         2. Basuh Kepala, Leher, Wajah, Dada, Lengan, serta Punggungnya (perhatikan daerah lipatan)
·         Sabunilah kepala dan badan, Gunakan Washlap. Gunakan Sabun Bayi khusus yang berformal PH Balance agar tidak pedih dimata.
·         3. Keramasi rambut si Bayi kemudian pegang kepalanya di atas bak mandi lalu keringkan.  Lepas handuk, Lalu letakkan satu tangan di bawah pundaknya, Sementara tangan lainnya diletakan di pantat si Bayi.
·         Lalu masukan Bayi secara perlahan ke bak mandi, Topang leher dan pundak si Bayi Lalu Sabuni dan bilas.
·         4. Bungkus dengan handuk lagi lalu tepuk-tepuk lembut si Bayi agar kering. Tidak disarankan di Lap seperti orang dewasa. Mengingat kulit Bayi yang masih lemah dan sensitive.


Beberapa point yang perlu diperhatikan dalam memandikan bayi ialah di bagian-bagian pada Bayi yang sulit dijangkau, mengingat kulit bayi yang sangat sensitive. Demikian Tips cara memandikan bayi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi anda sebagai orang tua.

2 komentar:

Premium Blogspot Templates
Copyright © 2012 Info Bayi dan Anak